Image of Strategi Komunikasi Akun Instagram @jalurrempahri dalam Meningkatkan Pengetahuan Keterkaitan Budaya dan Rempah Bagi Followers.

Text

Strategi Komunikasi Akun Instagram @jalurrempahri dalam Meningkatkan Pengetahuan Keterkaitan Budaya dan Rempah Bagi Followers.



Terdapat 12 Warisan budaya Tak Benda Indonesia yang telah diakui oleh UNESCO. Pemerintah Indonesia memiliki rencana untuk menjadikan Jalur Rempah sebagai Nominasi Warisan budaya dunia berikutnya, mengingat peranpenting Jalur Rempah dalam menciptakan peradaban dunia. Dalam upaya untuk mengedukasi masyarakat, dilakukan kampanye digital sebagai salah satu bentuknya. Kampanye ini juga memenuhi persyaratan keterlibatan masyarakatdalam sebuah budaya atau aktivitas budaya, yang dapat berpengaruh padaproses nominasi Jalur Rempah sebagai Warisan budaya dunia Akun Instagram @jalurrempahri dibuat sebagai medium untuk memberikan informasi dan edukasi tentang Jalur Rempah. Dalam pengembangannya, akun ini menggunakan Social Information Processing Theory dan Konsep 4C's (Context, Communication, Collaboration, Connection) yang diajukan oleh Chris Heuer. Penelitian inimenggunakan metode kualitatif dengan wawancara sebagai metodepengumpulan data, dan bertujuan untuk menganalisis Strategi Komunikasi yangdigunakan oleh akun Instagram @jalurrempahri dalam meningkatkanpengetahuan followers tentang keterikatan budaya dan rempah. Dalam penelitianini, ditemukan bahwa volume konten yang diunggah mengalami penurunan saattidak ada event besar. Namun, di sisi lain, akun ini terus berupaya mengikuti trendan dinilai sebagai akun media sosial yang progresif. Selain itu, fitur reels terbuktiefektif dalam menjangkau banyak followers melalui konten Collaboration dengan tren. Collaboration dengan Context baru juga berhasil menciptakan skema Communication yang baru, yang berhasil membentuk Connection unik untuk mengedukasi followers.

Kata Kunci: Strategi Komunikasi, Jalur Rempah, Pengetahuan KeterikatanBudaya dan Rempah.


Availability

S101855SPS1.PR.055.23Hanya Tersedia Softcopy.Available

Detail Information

Series Title
-
Call Number
S1.PR.055.23
Publisher LSPR : Jakarta.,
Collation
-
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
NONE
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available


File Attachment



Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this