Image of PENERIMAAN AUDIENCE MENGENAI PENGGUNAAN KONVERGENSI MEDIA DALAM KONTEN LITERASI INSTAGRAM DAN BUKU “NANTI KITA CERITA TENTANG HARI INI”

Computer File

PENERIMAAN AUDIENCE MENGENAI PENGGUNAAN KONVERGENSI MEDIA DALAM KONTEN LITERASI INSTAGRAM DAN BUKU “NANTI KITA CERITA TENTANG HARI INI”



Sebagai sebuah media sosial yang banyak digunakan oleh masyarakat, Instagram mampu turut andil dalam mengubah selera pasar terhadap jenis buku yang diburu masyarakat. Hal ini terlihat dari lahirnya generasi baru buku bergenre flash fiction pada 2016 melalui buku Stories for Rainy Days karya Naela Ali. Sadar akan perubahan selera pasar yang sedang menggemari buku bergenre flash fiction, Marchella FP turut membuat buku bergenre serupa berjudul “Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini” yang diterbitkan menjelang akhir tahun 2018. Kejelian Marchella dalam melihat peluang karena perkembangan teknologi dan kemampuan mengkombinasikan penerapan konsep konvergensi media melalui instagram @nkcthi serta buku “Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini” membuat genre flash fiction semakin popular. Oleh sebab itu, peneliti mencoba memahami tentang penerimaan audience mengenai penggunaan konvergensi media dalam konten literasi instagram dan buku “Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini”. Karena itu, digunakan teori resepsi Stuart Hall dengan paradigma konstruktivis dan metode penelitian kualitatif berjenis deskriptif, melalui wawancara mendalam berteknik wawancara terstruktur, kepada followers instagram @nkcthi sekaligus pembaca buku “Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini” sebagai metode pengumpulan data, sementara pengambilan sampel menggunakan metode non–probability sampling berteknik qouta sampling. Penelitian ini menghasilkan dua posisi masyarakat dalam menerima penggunaan konvergensi media dalam konten literasi instagram dan buku "Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini" yaitu dominant-hegemonic position dan negotiated position serta didapati bahwa tidak selamanya masyarakat akan meninggalkan hal-hal cetak salah satunya seperti buku meskipun di era digital seperti saat ini.

Kata Kunci: Resepsi Audience, Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini


Availability

S200302SPS2.SMM.370.003.20Hanya Tersedia SoftcopyAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
S2.SMM.370.003.20
Publisher LSPR : Jakarta.,
Collation
-
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
NONE
Content Type
Pdf
Media Type
computer
Carrier Type
unspecified
Edition
-
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available


File Attachment



Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this