Image of WAJAH PEREMPUAN DALAM DOMINASI PATRIARKI: STUDI SEMIOTIKA MODEL GREIMAS PADA FILM MARLINA SI PEMBUNUH DALAM EMPAT BABAK

Computer File

WAJAH PEREMPUAN DALAM DOMINASI PATRIARKI: STUDI SEMIOTIKA MODEL GREIMAS PADA FILM MARLINA SI PEMBUNUH DALAM EMPAT BABAK



Penelitian ini berjudul Wajah Perempuan Terhadap Dominasi Patriarki, sebuah pemahaman lebih lanjut pada film Marlina Si Pembunuh Dalam Empat Babak dengan menggunakan teori semiotika naratif milik Algirdar Greimas. Penelitian akan manarasikan skema aktansial dan skema fungsional untuk melihat plot, karakter dan struktur batin yang ada dalam teks. Penelitian juga meminjam model scene-o-gram milik Richard Krevolin untuk mempertajam alur plot dan karakter dalam film.
Hasil penelitian menampilkan bahwa enam aktan dalam skema aktansial Greimas berupa subyek, obyek, pengirim dan penerima menampilkan makna perjuangan dalam melawan dominasi patriarki yang terjadi sepanjang cerita dengan kekerasan dan emosi sebagai hambatan utama dan karakter – karakter perempuan yang menjadi pembantu pemeran utama dalam mencapai keinginannya. Sementara alur cerita yang penuh konflik dapat terbaca dalam skema fungsional yang menceritakan situasi awal, transformasi yang berisi cobaan hingga situasi akhir sebagai akhir cerita dalam film. Dari semiotic square, dapat ditemukan bahwa struktur batin yang menjadi tema utama dalam film ini adalah maskulin vs feminin sebagai gerakan sederhana feminism untuk melawan kesenjangan antar gender dan beradab vs lancang sebagai cerminan budaya Indonesia yang ketimuran.

Kata Kunci : semiotika naratif, Greimas, scene-o-gram, patriarki, feminisme


Availability

S200272SPS2.CC.370.033.20Hanya Tersedia SoftcopyAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
S2.CC.370.033.20
Publisher LSPR : Jakarta.,
Collation
-
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
NONE
Content Type
Pdf
Media Type
computer
Carrier Type
unspecified
Edition
-
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available


File Attachment



Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this