Image of Sosialisasi Ketentuan Ekspor Dan Impor Barang Bawaan Penumpang Kepada Penyedia Layanan Jasa Titip Oleh Direktorat Jenderal Bea Dan Cukai.

Computer File

Sosialisasi Ketentuan Ekspor Dan Impor Barang Bawaan Penumpang Kepada Penyedia Layanan Jasa Titip Oleh Direktorat Jenderal Bea Dan Cukai.



Maraknya bisnis penyedia layanan jasa titip yang melanggar aturan mengharuskan Direktorat Jenderal Bea Dan Cukai untuk menindak hal ini, karena selain berbahaya bagi masyarakat karena rawan dengan penipuan, juga merugikan negara. Dalam hal ini Direktorat Jenderal Bea Dan Cukai menerapkan tahapan strategi komunikasi melalui sosialisasi yang dilakukn kepada masyarakat khususnya para penyedia layanan jasa titip di Indonesia. Dengan tahapan strategi komunikasi menurut Anwar Arifin, proses sosialisasi dan menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif, hasil penelitian menunjukkan bahwa Direktorat Jenderal Bea Dan Cukai dalam strategi komunikasi menerapkan penyusunan pesan secara verbal dalam sosialisasi langsung berupa seminar, workshop dan talkshow dan penyusunan pesan secara non verbal dalam sosialisasi tidak langsung melaui media sosial, media konvensional, media cetak dan juga menggunakan aplikasi mobile. Dengan menurunnya jumlah pelanggaran yang dilakukan pelaku jastip dan berkurangnya complain terkait barang bawaan penumpang yang disampaikan oleh masyarakat, menunjukkan bahwa terjadi perubahan perilaku dan kebiasaan khalayak sesuai dengan harapan dan tujuan dari strategi komunikasi yang dilakukan.
Keywords: Strategi komunikasi, sosialisasi, komunikasi publik, penyedia layanan jasa titip


Availability

S100619SPS1.PR.061.20Hanya Tersedia SoftcopyAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
S1.PR.061.20
Publisher LSPR : .,
Collation
-
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
NONE
Content Type
Pdf
Media Type
computer
Carrier Type
unspecified
Edition
-
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available


File Attachment



Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this