Image of Makna Ketidakadilan Atas Perlakuan Lembaga Pemasyarakatan (LAPAS) terhadap Napi Perempuan: Analisis Semiotika Film Dokumenter “Invisible Hopes”

Text

Makna Ketidakadilan Atas Perlakuan Lembaga Pemasyarakatan (LAPAS) terhadap Napi Perempuan: Analisis Semiotika Film Dokumenter “Invisible Hopes”



Film dokumenter Indonesia yang mengangkat banyak isu sosial di dunia nyata memiliki tingkat penonton yang cukup rendah. Sangat disayangkan karena isu sosial yang diangkat adalah benar terjadi dan seharusnya masyarakat serta pemerintah dapat mengetahui lalu mencari solusi dari masalah yang ada di sekitar kita. Tujuan penelitian ini adalah menemukan makna denotatif, konotatif dan mitos berdasarkan model Roland Barthes didukung oleh teori kritis dari Jurgen Habermas mengenai ketidakadilan yang dirasakan oleh Ibu dan anak-anak yang tinggal di lapas dalam representasi film Invisible Hopes. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan semiotika Roland Barthes. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya makna ketidakadilan yang dirasakan oleh Ibu dan anak-anak yang diungkapkan dalam makna sosial dan budaya yang terkandung dalam tanda-tanda semiotika dan sudut pandang emansipasi, yaitu hak asasi manusia yang perlu dijunjung lagi, baik dalam kebutuhan dasar, fasilitas, dukungan emosional dan pendidikan untuk Ibu narapidana yang sedang menyelesaikan masa tuntutannya dan anak-anak yang tinggal di penjara.

Kata Kunci: Film dokumenter, Kehidupan di Lapas, Ketidakadilan


Availability

S101747SPS1.MC.027.23Hanya Tersedia Softcopy.Available

Detail Information

Series Title
-
Call Number
S1.MC.027.23
Publisher LSPR : Jakarta.,
Collation
-
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
NONE
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available


File Attachment



Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this


Search Cluster


Generating search cluster...