Image of Makna Komunikasi Interpersonal Antara Ibu dan Anak dalam Film Ali & Ratu Ratu Queens (Analisis Semiotika Roland Barthes)

Text

Makna Komunikasi Interpersonal Antara Ibu dan Anak dalam Film Ali & Ratu Ratu Queens (Analisis Semiotika Roland Barthes)



Film merupakan rangkaian gambar bergerak yang direkam dengan suara yang menceritakan suatu cerita yang ditayangkan di bioskop atau dalam sebuah film dan dalam film selalu memiliki makna di dalamnya. Film sendiri terdiri dari banyak tanda-tanda dalam scene yang mempresentasikan realita seperti yang tersirat dalam film Ali & Ratu Ratu Queens yang banyak terkandung makna komunikasi interpersonal antara seorang anak dan Ibu yang terpisah jarak dan waktu selama beberapa tahun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana makna komunikasi interpersonal dalam film Ali & Ratu Ratu Queens dengan fokus tokoh Ali dan Mia dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teori semiotika Roland Barthes untuk menganalisis isi film yang terdiri dari tiga level yaitu denotasi, konotasi, dan mitos. Berdasarkan 8 scene yang menunjukkan adegan komunikasi interpersonal antara anak dan Ibu, didapatkan bahwa makna komunikasi interpersonal antara lain komunikasi interpersonal dapat sebagai komunikasi yang intim dan dekat, sebagai solusi rekonsiliasi, dan bentuk pengungkapan perasaan. Selain itu hambatan dalam komunikasi interpersonal yaitu rasa canggung, dan ketidakpuasan dalam komunikasi interpersonal dapat menimbulkan sebuah konflik.

Kata kunci: Ali & Ratu Ratu Queens, Film, Makna, Simbol, Komunikasi Interpersonal, Semiotika Roland Barthes.


Availability

S101746SPS1.MC.026.23Hanya Tersedia Softcopy.Available

Detail Information

Series Title
-
Call Number
S1.MC.026.23
Publisher : .,
Collation
-
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
NONE
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available


File Attachment



Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this


Search Cluster


Generating search cluster...