Image of Pengaruh Pesan Kampanye #Bijakberplastik dan Kelly Tandiono sebagai Key Opinion Leader Terhadap Sikap Ramah Lingkungan (Studi pada Pengikut Akun Instagram @Sehataqua)

Text

Pengaruh Pesan Kampanye #Bijakberplastik dan Kelly Tandiono sebagai Key Opinion Leader Terhadap Sikap Ramah Lingkungan (Studi pada Pengikut Akun Instagram @Sehataqua)



Di Indonesia, permasalahan sampah plastik juga menjadi isu lingkungan yang menonjol. Besarnya permasalahan sampah plastik yang mengancam lingkungan membuat perlu adanya tindakan dalam menumbuhkan kesadaran masyarakat akan bahaya sampah plastik. Salah satu ritel bisnis yang turut mengambil bagian untuk mengatasi permasalahan sampah plastik adalah AQUA. AQUA aktif melakukan program public relations seperti kampanye #BijakBerplastik. Untuk memaksimalkan kampanye #BijakBerplastik yang dilakukan, AQUA menggandeng Kelly Tandiono sebagai key opinion leader. Namun, terdapat masalah dikarenakan AQUA merupakan penyumbang sampah plastik terbanyak di Indonesia. Sehingga, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pesan kampanye #BijakBerplastik dan Kelly Tandiono sebagai key opinion leader terhadap sikap ramah lingkungan pengikut akun Instagram @sehataqua. Adapun pada penelitian ini menggunakan Teori Kognitif Sosial. Peneliti menggunakan metodologi kuantitatif dengan metode penelitian survei. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner online kepada 330 pengikut akun Instagram @sehataqua menggunakan teknik probability sampling dengan metode purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara pesan kampanye #BijakBerplastik dan Kelly Tandiono sebagai key opinion leader terhadap sikap ramah lingkungan baik secara parsial maupun bersama-sama. Adapun secara parsial variabel pesan kampanye #BijakBerplastik berpengaruh sebesar 0,929 dan Kelly Tandiono sebagai key opinion leader berpengaruh sebesar 0,810. Sedangkan, secara simultan pesan kampanye #BijakBerplastik dan Kelly Tandiono sebagai key opinion leader berpengaruh terhadap sikap ramah lingkungan dengan persamaan regresi Y = 0,235 + 0,684X1 + 0,245X2. Maka, dapat diketahui bahwa variabel pesan kampanye #BijakBerplastik berpengaruh lebih dominan dibandingkan variabel Kelly Tandiono sebagai key opinion leader.

Kata Kunci: Kampanye, Pesan Kampanye, Key Opinion Leader, Sikap, Ramah Lingkungan


Availability

S200545SPS2.CC.370.007.23Hanya Tersedia Softcopy.Available

Detail Information

Series Title
-
Call Number
S2.CC.370.007.23
Publisher LSPR : Jakarta.,
Collation
-
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
NONE
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available


File Attachment



Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this


Search Cluster


Generating search cluster...