Image of Pengaruh Amanda Manopo sebagai Brand Ambassador terhadap Keputusan Pembelian di Aplikasi Shopee (Studi Eksplanatif Kausalitas pada Followers Instagram @AmandaManopo)

Text

Pengaruh Amanda Manopo sebagai Brand Ambassador terhadap Keputusan Pembelian di Aplikasi Shopee (Studi Eksplanatif Kausalitas pada Followers Instagram @AmandaManopo)



Pada era globalisasi ini, perkembangan teknologi merupakan salah satu hal yang melekat dalam kehidupan masyarakat. Seiring dengan berkembangnya digitalisasi secara berkesinambungan terciptalah aplikasi yang menawarkan berbagai macam fungsi, salah satunya sebagai sarana berbelanja yang dapat dikenal dengan sebutan e-commerce. Shopee adalah aplikasi e-commerce di bawah naungan SEA Group yang merupakan perusahaan teknologi multinasional Singapura dengan pengunjung situs bulanan tertinggi di kedua di Indonesia. Pada bulan April 2021 Amanda Manopo dipilih sebagai brand ambassador Shopee untuk memenangkan pasar. Maka dari itu penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan Amanda Manopo sebagai Brand Ambassador terhadap keputusan pembelian di aplikasi Shopee. Penelitian ini dipandu dengan menggunakan grand teori S-O-R. Untuk mengevaluasi karakteristik dimensi variabel X peneliti menggunakan teori VisCAP (Visibility, Credibility, Attraction and Power). Metode penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif deskriptif eksplanatif kepada 100 orang responden yang merupakan followers Instagram Amanda Manopo serta pengguna aplikasi Shopee. Hasil dari penelitian yang dilakukan menunjukkan adanya pengaruh yang positif dan signifikan antara variabel X (Amanda Manopo sebagai brand ambassador) terhadap variabel Y (keputusan pembelian di palikasi Shopee). Uji korelasi menunjukkan nilai sebesar 0,76 yang menyatakan bahwa tingkat hubungan antara variabel X dan variabel Y kuat. Untuk memperdalam penelitian, peneliti juga melakukan uji regresi linear sederhana, koefisien determinasi, dan linearitas. Peneliti berharap agar Shopee dapat menjadikan penelitian ini sebagai bahan pertimbangan serta untuk memilih brand ambassador dengan kriteria serupa.


Availability

S101317SPS1.MKT.055.22Hanya Tersedia Softcopy.Available

Detail Information

Series Title
-
Call Number
S1.MKT.055.22
Publisher LSPR : Jakarta.,
Collation
-
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
NONE
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available


File Attachment



Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this


Search Cluster


Generating search cluster...