Image of Whitewash Sejarah Pocahontas: Analisis Semiotika Roland Barthes pada Film Animasi Pocahontas (1995) dan Pocahontas II (1998)

Text

Whitewash Sejarah Pocahontas: Analisis Semiotika Roland Barthes pada Film Animasi Pocahontas (1995) dan Pocahontas II (1998)



Whitewash adalah suatu fenomena yang terdapat di banyak aspek, salah satunya dalam media massa seperti film. Disney sebagai konglomerat media massa dan hiburan multinasional, terkenal dengan film animasinya. Disney mendapat tuduhan kalau mereka melakukan fenomena whitewash terhadap kisah asli Pocahontas. Kritik ini dilontarkan oleh kaum Native American dan dari beberapa masyarakat lainnya. Film tersebut adalah Pocahontas (1995) dan sekuelnya yaitu Pocahontas II: Journey to a New World (1998). Kedua film tersebut dianalisis menggunakan semiotika Roland Barthes untuk mencari makna denotasi, konotasi, dan mitos untuk membuktikan adanya fenomena whitewash mengenai sejarah Pocahontas. Hasil penelitian menunjukkan kalau memang terdapat unsur whitewash di dalam film Pocahontas (1995) dan Pocahontas II: Journey to a New World (1998). Adanya whitewash di kedua film tersebut karena Disney menggunakan narasi dari kaum kulit putih, yaitu etnis yang lebih mendominasi, dan Disney juga mengubah beberapa fakta hanya untuk menyesuaikan ambisi mereka sendiri.
Kata kunci: Film, Animasi, Disney, Pocahontas, Pocahontas II: Journey to a New World, Whitewash, Semiotika Roland Barthes


Availability

S100872SPS1.IR.022.21Hanya Tersedia Softcopy.Available

Detail Information

Series Title
-
Call Number
S1.IR.022.21
Publisher LSPR : Jakarta.,
Collation
-
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
NONE
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available


File Attachment



Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this


Search Cluster


Generating search cluster...