Image of Internasionalisasi Budaya Sub-Nasional di Era Globalisasi (Studi Kasus Internasionalisasi Budaya Lokal Nias Melalui Ya’ahowu Festival As 100 Calendar of Events Wonderful Indonesia)

Text

Internasionalisasi Budaya Sub-Nasional di Era Globalisasi (Studi Kasus Internasionalisasi Budaya Lokal Nias Melalui Ya’ahowu Festival As 100 Calendar of Events Wonderful Indonesia)



iABSTRAK SEKOLAH TINGGI ILMU KOMUNIKASI LONDON SCHOOL OF PUBLIC RELATION – JAKARTA PROGRAM SARJANA ILMU KOMUNIKASINama : Fizly Ciputri Ndruru NIM : 2014.18.0188 Judul : Internasionalisasi Budaya Sub-Naisonal Di Era Globalisasi: Studi Kasus Internasionalisasi Budaya Lokal Nias Melalui Ya’ahowu Festival As 100 Calendar Events Wonderful Indonesia Jumlah Halaman : 82 Halaman, 15 lampiran Referensi : 17 buku, 5 artikel jurnal dan 13 situs web. Indonesia merupakan negara dengan kekayaan alam dan beragam budaya. Oleh karena itu, Indonesia sering disebut sebagai negara dengan budaya unik jika di bandingkan dengan negara lain. Festival Ya’ahowu Nias adalah perhelatan budaya lokal dan menjadi bagian Calendar of Event Wonderful Indonesia. Penelitian ini berfokus kepada diplomasi budaya yang terjadi pada Festival Ya’ahowu, setelah menjadi bagian dari Calendar of Events Wonderful Indonesia dengan menggunakan metode penelitian kualitatif dan teknik pengumpulan data melalui wawancara. Peneliti ini menggunakan teori diplomasi budaya serta empat elemen diplomasi budaya (aktor dan keterlibatan pemerintah, tujuan, aktivitas dan publik) untuk menganalisa serta didukung oleh teori komunikasi persuasif social judgement theory. Hasil penelitian ini ditemukan bahwa diplomasi budaya Indonesia yang dilakukan melalui Festival Ya’ahowu Nias ini berhasil. Hal tersebut di buktikan dengan kedatangan wisatawan mancanegara yang sudah mengenal Indonesia dan memutuskan untuk datang ke Indonesia untuk menghadiri Festival Ya’ahowu Nias setelah melihat 100 Calendar of Event di website Wonderful Indonesia tanpa adanya paksaan dari pihak manapun.
Kata kunci: Diplomasi Budaya, Wonderful Indonesia, Internasionalisasi, Festival Ya’ahowu Nias


Availability

S100031SPS1.IR.017.2019LSPR Sudirman ParkAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
S1.IR.017.2019
Publisher LSPR : Jakarta.,
Collation
-
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
NONE
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available


File Attachment



Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this


Search Cluster


Generating search cluster...